Rabu, 12 Januari 2022

Persiapan Anak Masuk Sekolah PAUD, Orang Tua Wajib Tahu!

Sekolah PAUD menjadi jenjang pendidikan paling awal yang bisa diemban oleh anak. Tentunya diperlukan berbagai persiapan yang perlu dilakukan oleh orang tua sebelum anak benar benar mengikuti pembelajaran di PAUD. Sebab anak sendiri sebelumnya tidak pernah mengetahui dunia sekolah itu seperti apa. Lantas apa saja persiapan yang perlu dilakukan ? Cek daftarnya berikut ini.


Persiapan Memasuki PAUD

1. Toilet Training

Apakah anda sudah mengajarkan toilet training pada anak? Jika belum, segera lakukan mulai sekarang sebelum si kecil ikut PAUD. Karena dengan begitu anak akan lebih siap ketika mengikuti KBM di kelas, sekaligus tidak memberatkan para guru di sekolah. Namun pastikan anda tidak memaksa anak untuk toilet training.

Bukannya jadi terbiasa buang air di toilet, anak justru menjadi enggan untuk berlatih. Apabila anda menemukan popoknya masih kering setelah jeda waktu satu jam. Itu bisa menjadi indikasi bahwa anak mungkin mulai siap untuk dilatih buang air di toilet. Lakukan dengan sabar sampai mereka terbiasa.


2. Kemandirian

Sebelum masuk sekolah PAUD, kemandirian menjadi salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh anak terlebih dahulu. Sebab tanpa hal tersebut, anak akan lebih sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Sebaliknya, sikap mandiri yang dimiliki si kecil akan membuat mereka bisa mengikuti kelas dengan baik meskipun tidak ada orang tua di sampingnya.

Untuk melatih kemandirian anak, orang tua perlu membiarkan si kecil untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. Dorong kemandirian melalui hal hal dasar yang biasa dilakukan sehari hari. Contohnya memakai baju, mencuci tangan, sikat gigi, mandi, makan, dan lain sebagainya yang merupakan aktivitas harian.


3. Paham Informasi Dasar

Membantu anak memahami informasi dasar bisa menjadi salah satu persiapan penting ketika mereka akan memasuki usia PAUD. Contohnya yaitu memahami nama lengkap dirinya sendiri, nama orang tua, sampai alamat rumah. Jika memungkinkan, si kecil juga bisa diajari untuk menghafal nomor telepon. Hal tersebut mungkin akan sangat berguna pada situasi darurat.


4. Keterampilan Komunikasi

Dalam perkembangan keterampilan komunikasi anak, orang tua mempunyai peranan yang sangat penting. Karena anak akan belajar kosa kata baru melalui percakapan yang didengar dan dilakukan dengan ayah bunda. Jadi supaya anak bisa berkomunikasi dengan baik di sekolah PAUD, coba asah keterampilan komunikasinya terlebih dahulu di rumah.

Anda bisa memulainya dengan percakapan yang sederhana seperti kegiatan sehari hari pada awal latihan. Meskipun ayah dan bunda sibuk bekerja, membantu melatih keterampilan komunikasi anak bukan hal yang sulit. Sebab anda bisa meluangkan waktu pada saat makan malam secara rutin untuk melatihnya.

Persiapan masuk sekolah memang bukan hanya sekedar perlengkapan berupa barang seperti tas dan lain sebagainya. Namun anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti di atas untuk membantu anak lebih siap secara mental ketika memasuki PAUD. Ini menjadi penting, sebab anak sebelumnya tidak pernah tahu dunia sekolah.



EmoticonEmoticon